Selasa, 18 September 2007

Hadapi Jerawat!

Sering kali kasus yang membuat remaja muslim kurang percaya diri dalam penampilan karena berjerawat, sebagai generasi muda muslim haruslah selalu percaya diri, jangan biarkan jerawat merusak semuanya. Untuk itu lah artikel ini sengaja di buat unutk Generasi Muslim semua.
Pada masa remaja ini, kelenjar berfungsi secara aktif sehingga sering mengeluarkan minyak yang berlebihan. Hal tersebut bisa menyebabkan jerawat, apalagi kalau kulit kita kurang bersih. Sebenarnya sebagian besar orang pernah mengalami ganguan jerawat pada masa remajanya. Namun bukan berarti boleh dibiarkan begitu saja, karena jerawat bisa diobati. Jerawat adalah keadaan dimana kelenjar pilosaceus pada kulit terinfeksi.
Ketika kulit muka terinfeksi, pada wajah akan muncul jerawat yang tidak sedap dipandang mata. Pada pria, jerawat ini biasanya muncul pada usia 17 sampai 29 tahun, sedangkan pada wanita biasanya pada usia remaja dan juga diantara usia 28 sampai 48 tahun. Salah satu masalah terbesar justru buakan jerawat katif, melainkan parut bekas jerawat. Penelitian medis menemukan bahwa jerawat adalah kondisi kulit yang memburuk akibat hormon yang tidak seimbang. Hasilnya, terbentuklah penebalan pada permukaan kulit dan menutupi pori-pori wajah yang berupa bintik besar yang tidak sedap dipandang. Faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat adalah usia, stress, diet yang salah dan faktor keturunan. Pengobatan jerawat bisa dilakuan sendiri. Kalau kulit rentan terhadap jerawat, rawatlah kulit sebaik mungkin.
Bersihkan muka pagi dan malam sebelum tidur dengan lotion yang banyak beredar dipasaran. Jangan lupa sesuaikan dengan jenis kulit kita. Jika jerawat kita banyak sekali dan tidak hilang-hilang, kita bisa konsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif lagi. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu menjaga kebersihan kulit wajah dan kulit tubuh. Karena jerawat tidak hanya muncul di kulit wajah, melainkan di bagian tubuh yang lainnya seperti di punggung dan yang lainnya. (Burhan Sodiq 2007)

Tidak ada komentar: